Kumpulan Obyek Wisata Yogyakarta Murah Meriah Yang Terkenal di Indonesia

Kumpulan Obyek Wisata Terkenal di Yogyakarta Murah Meriah | Halo semua jumpa kembali dengan admin duniawisataindah.blogspot.co.id - Keindahan alam indonesia di mata dunia memang sudah tidak diragukan lagi. dan banyak tempat wisata di indonesia yang terkenal di dunia.

Salah satunya adalah yang ada di kota Wisata Yogjakarta. Siapkan diri anda untuk liburan panjang?... Berwisata saja di Indonesia dan nikmati keindahan dunia di dalam satu negara ini. Di Indonesia kamu bisa menikmati banyak pemandangan mulai dari gurun pasir sahara, bunga Sakura, padang Afrika sampai pemandangan alam khas Eropa.

Kamu tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk menikmati semua itu karena semuanya ada di Indonesia. Kali ini duniawisataindah.blogspot.com akan menulis beberapa tempat wisata Pantai di Indonesia yang tidak kalah indah dengan wisata terkenal di dunia. 

12 Obyek Wisata Terkenal di Yogyakarta Murah Meriah

Jogjakarta Tempat Wisata Indah Indonesia Yang Terkenal dan Mendunia

Apa saja tempat wisata di Jogya?
Berikut tempat - tempatnya.

Pantai Parang Tritis

Pantai Parangtritis merupakan salah satu tempat unggulan wisata Jogja dengan keindahan panorama pantai yang indah. Lokasi Pantai Parangtritis sendiri berada di desa Parangtritis kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Pantai parangtritis memiliki ombak yang besar serta adanya gumuk atau gunung-gunung pasir semakin menambah keindahan pantai ini. Tentunya ketika anda yang jalan-jalan ke Jogja, kurang lengkap jika anda tidak mengunjungi Pantai Parangtritis.

Selain disuguhkan pemandangan yang indah, anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada karena wisata Parangtritis sudah dikelola dengan baik oleh Pemkab setempat. Di Pantai Parangtritis sudah disediakan sajian kuliner dan juga pasar sebagai pusat souvenir untuk oleh-oleh keluarga anda di rumah.

Untuk fasilitas lainya juga sudah disediakan aneka fasilitas seperti persewaan ATV, kereta kuda, dan tunggang kuda. Jika anda ingin menginap, di lokasi juga sudah disediakan penginapan sehingga anda tidak bingung lagi untuk mencari penginapan.

Untuk harga tiket masuk Pantai Parangtritis sendiri bisa dibilang cukuplah murah. Berikut akan kami sampaikan daftar harga tiket masuk dan juga tarif beberapa fasilitas yang ada di Pantai Parangtritis.

Daftar Tiket dan Tarif Terbaru di Pantai Parangtritis
  1. Tiket masuk Rp 5.000/orang
  2. Tarif masuk sepeda motor Rp 2.000/motor
  3. Tarif tiket masuk mobil Rp 5.000/mobil
  4. Tarif Parkir sepeda motor Rp 2.000/motor
  5. Tarif parkir mobil Rp 5.000/mobil
  6. Tarif sewa ATV Rp 50.000 untuk 15 menit pemakaian
  7. Tarif kereta kuda Rp 20.000 untuk 1 kali putaran
Sumber : www.borobudursunrise.net

Foto Obyek Wisata Pantai Parangtritis

Obyek Wisata Pantai Parangtritis

Obyek Wisata Pantai Parangtritis

Obyek Wisata Pantai Parangtritis

Obyek Wisata Pantai Parangtritis


Pantai Baron Kukup

Keindahan Pantai Baron, Krakal, Kukup Yogyakarta - Tempat Wisata Terindah - Yogyakarta memang memiliki alam yang sangat indah. Diantaranya keindahan alam Yogyakarta terletak di sepanjang pesisir selatan Yogyakarta yang terdapat deretan pantai dengan pemandangan alam yang sangat menawan. Diantara deretan pantai di Yogyakarta yang sangat terkenal adalah deretan pantai yang terdapat di Kabupaten Gunung Kidul. Disini terdapat Pantai Baron, Krakal dan Kukup. Sebenarnya di lokasi ini ada lokasi wisata pantai lainnya namun yang paling banyak menyedot perhatian wisatawan adalah ketiga pantai tersebut. Pantai lain yang terdapat dalam deretan pantai Baron adalah Pantai Drini, Pantai Sepanjang, Pantai Sundak, Pantai Indrayanti dll.
  
Ciri Khas Pantai Baron
Pantai Baron di Yogyakarta memiliki keunikan tersendiri karena merupakan pantai yang menjadi pertemuan antara air tawar dan air laut. Ada sebuah sungai yang bermuara di Pantai Baron sehingga ada pertemuan arus air tawar dan air asin. Sejarah Pantai Baron sudah banyak diketahui oleh masyarakat sekitar yaitu penamaan pantai ini diambil dari seorang tokoh Belanda bernama Baron Sekeber.

Ciri Khas Pantai Krakal
Pantai Krakal memiliki bibir pantai yang luas dan terpanjang di antara pantai-pantai lain di Gunung Kidul. Pantai ini berbentuk landau, lalu dengan hamparan pasir putih sepanjang 5 kilometer. Selain itu terdapat angin laut yang sejuk dengan deburan ombak melewati karang-karang besar. 

Ciri Khas Pantai Kukup
Pantai Kukup merupakan sebuah pantai yang amat indah dan memiliki ombak yang agak tenang, sehingga banyak wisatawan yang menyempatkan mandi di area wisata ini. Disebelah ujung timur Pantai Kukup terdapat sebuah gugusan karang yang mirip sekali dengan tanah lot yang ada di Pulau Bali.

Fasilitas Pantai Baron Krakal Kukup
Tempat wisata 3 Pantai tersebut sudah dikembangkan dengan baik oleh Pemprov Yogyakarta sehingga kondisi tempat wisata sudah sangat bagus dan tertata rapi. Ada deretan penjual cinderamata yang berjajar rapi di lokasi wisata ini. Selain itu tempat parkir, warug makan juga sudah ada dan tertata rapi di tempat ini. Di Pantai ini juga sudah ada hotel, penginapan yang murah sebagai tempat peristirahatan wisatawan yang ingin menginap.

Pantai Kukup Tujuan wisata di Indonesia
Alamat: Jl. Pantai Selatan Jawa, Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55000
Provinsi: Daerah Istimewa Yogyakarta

Foto Pantai Baron Krakal Kukup

Foto Pantai Baron Krakal Kukup

Foto Pantai Baron Krakal Kukup

Foto Pantai Baron Krakal Kukup

Foto Pantai Baron Krakal Kukup

Candi Prambanan

Inilah candi dengan bentuk penuh keanggunan dan dikenal sebagai salah satu ikon budaya Indonesia. Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Asia Tenggara. Letaknya yang tidak jauh dari Candi Borobudur seperti ingin menunjukan kepada Anda tentang  keharmonisan antara umat Budha dan Hindu di Pulau Jawa tidak hanya di masa lalu tapi juga saat ini.

Candi yang oleh masyarakat lokal ini dikenal dengan nama Roro Jonggrang, memiliki cerita legenda. Bahwa dahulu kala ada seorang pemuda yang sangat sakti dan kuat yang ingin menikahi putri yang cantik bernama Roro Jonggrang. Sang raja yang juga merupakan ayah dari sang putri pun memaksanya untuk menikah dengan Bandung Bondowoso, Roro jonggrang tidak mencintainya tapi tidak pula bisa menolaknya. Setelah melalui petimbangan yang panjang, akhirnya dia memberikan satu syarat kepada Bandung Bondowoso untuk membangun 1000 buah candi dan berjanji akan menikah dengannya jika syarat itu bisa diselesaikan sebelum fajar menyingsing.


Roro jonggrang meminta agar pekerjaan tersebut selesai sebelum ayam berkokok yang dia pikir sebagai sesuatu yang mustahil. Tapi Bandung Bondowoso yang sakti hampir dapat menyelesaikan 999 candi dengan bantuan jin dan kekuatannya. Roro jonggrang pun meminta para wanita di kampung untuk mulai memukul padi agar para ayam terbangun dan mulai berkokok. Bondowoso sangat kecewa dengan perlakuan Roro Jonggrang, lalu mengubah Roro Jonggrang menjadi batu yang kini dikenal sebagai Candi Prambanan, sedangkan candi di sekitarnya dinamakan Candi Sewu atau Seribu candi.


Candi Prambanan dibangun abad ke-9, dipersembahkan untuk dewa Syiwa, sang penghancur, dan dua yang ada di sampingnya dipersembahkan masing-masing untuk dewa Brahma, dewa pencipta serta dewa Wisnu, dewa pemelihara. Candi yang tertinggi menjulang setinggi 47 meter diantara candi-candi lain di sekitarnya. Prambanan ditemukan kembali oleh seorang warga Belanda bernama CA Lons tahun 1733 setelah terabaikan selama ratusan tahun. Candi ini telah mengalami pemugaran dan kini Candi Prambanan dikenal sebagai Candi Hindu paling indah di Indonesia.


Keindahan serta kerumitan arsitektur Candi Prambanan sebagai bangunan yang sangat menawan menobatkannya sebagai situs warisan dunia tahun 1991 oleh UNESCO. Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Wikipedia
Alamat: Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Mulai dibangun: 850 M
Tinggi: 47 m
Provinsi: Daerah Istimewa Yogyakarta
Gaya arsitektur: Arsitektur candi Hindu

Foto Candi Prambanan

Foto Candi Prambanan

Foto Candi Prambanan

Foto Candi Prambanan

Foto Candi Prambanan

Foto Candi Prambanan

Candi Kalasan

Candi Kalasan atau Candi Kalibening merupakan sebuah candi yang dikategorikan sebagai candi umat Buddha terdapat di desa Kalasan, kabupaten Sleman, provinsi Yogyakarta, Indonesia. Candi ini memiliki 52 stupa dan berada di sisi jalan raya antara Yogyakarta dan Solo serta sekitar 2 km dari candi Prambanan.

Pada awalnya hanya candi Kalasan ini yang ditemukan pada kawasan situs ini, namun setelah digali lebih dalam maka ditemukan lebih banyak lagi bangunan bangunan pendukung di sekitar candi ini. Selain candi Kalasan dan bangunan - bangunan pendukung lainnya ada juga tiga buah candi kecil di luar bangunan candi utama, berbentuk stupa.

Berdasarkan prasasti Kalasan bertarikh 778 yang ditemukan tidak jauh dari candi ini menyebutkan tentang pendirian bangunan suci untuk menghormati Bodhisattva wanita, Tarabhawana dan sebuah vihara untuk para pendeta. Penguasa yang memerintah pembangunan candi ini bernama Maharaja Tejapurnapana Panangkaran (Rakai Panangkaran) dari keluarga Syailendra. Kemudian dengan perbandingan dari manuskrip pada prasasti Kelurak tokoh ini dapat diidentifikasikan dengan Dharanindra atau dengan prasasti Nalanda adalah ayah dari Samaragrawira. Sehingga candi ini dapat menjadi bukti kehadiran Wangsa Syailendra, penguasa Sriwijaya di Sumatera atas Jawa.

Dalam Prasasti Kalasan berhuruf Pre Nagari, berbahasa Sanksekerta ini menyebutkan para guru sang raja Tejapurnapana Panangkaran dari keluarga Syailaendra berhasil membujuk raja untuk membuat bangunan suci bagi Dewi Tara beserta biaranya bagi para pendera sebagai hadiah dari Sangha.

Profesor Dr Casparis. menafsir berdasarkan prasasti Kalasan itu, Candi Kalasan dibangun bersama antara Budha dan Hindu. Sementara itu Van Rumond, sejarahwan dari Belanda meyakini bahwa di situs yang sama pernah ada bangunan suci lain yang umurnya jauh lebih tua dibanding Candi Kalasan, sesuai hasil penelitian yang dilakukannya pada tahun 1928. Bangunan suci itu berbentu wihara yang luasnya 45 x 45 meter. Ini berarti bangunan candi mengalami tiga kali perbaikan. Sebagai bukti, menurutnya, terdapat empat sudut kaki candi dengan bagian yang menonjol.

Pada bagian selatan candi terdapat dua relief Bodhisattva, sementara pada atapnya terdiri dari 3 tingkat. Atap paling atas terdapat 8 ruang, atap tingkat dua berbentuk segi 8, sedangkan atap paling bawah sebangun dengan candi berbentuk persegi 20 yang dilengkapi kamar-kamar setiap sisinya.
Malioboro

Candi Kalasan atau Candi Kalibening merupakan sebuah candi yang dikategorikan sebagai candi umat Buddha terdapat di desa Kalasan, kabupaten Sleman, provinsi Yogyakarta, Indonesia. Wikipedia
Alamat: Jl. Raya Yogya - Solo, Suryatmajan, Danurejan, Daerah Istimewa Yogyakarta
Provinsi: Daerah Istimewa Yogyakarta

Foto Candi Kalasan

Foto Candi Kalasan

Foto Candi Kalasan

Foto Candi Kalasan

Foto Candi Kalasan

Foto Candi Kalasan

Museum Sasana Wiratana (Mon. Pangeran Diponegoro)

Sasana Wiratama atau disebut juga Museum Diponegoro adalah sebuah museum yang didirikan untuk menghargai dan mengabadikan saat-saat perjuangan Pangeran Diponegoro ketika berperang melawan Belanda. Sasana Wiratama diambil sebagai nama karena kata tersebut bermakna kediaman para tentara. Museum dengan tanah seluas 2,5 hektare ini beralamat di Jalan HOS Cokroaminoto, Desa Tegalrejo dengan jarak 4 kilometer dari pusat kota Jogjakarta.

Sejarah
Proyek pembangunan museum ini pertama kali diprakarsa oleh Komandan Distrik Militer, Mayor Jenderal Surono, dilanjutkan oleh Mayjen TNI Widodo dengan surat resmi yang memutuskan untuk membangun museum di bekas kediaman Pangeran Diponegoro, lalu disetujui oleh para ahli waris yaitu Nyi Hadjar Dewantara danKanjeng Raden Tumenggung Purejodiningrat. Dan selanjutnya disahkan oleh presiden Suharto melalui Departemen Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

Isi Museum
Dari pintu masuk gerbang utama ada pendopo yang mengelilingi meseum, dan tembok jebol yang melatarbelakangi sejarah Pangeran Diponegoro untuk lepas dari kepungan Belanda. Selain itu, ada juga padasan atau tempat wudlu di depan pendopo, serta Batu Comboran atau tempat makan dan minum kuda pangeran di sebelah tenggara pendopo.

Terdapat monumen pangeran Diponegoro yaitu sebuah pahatan dinding relief yang terbuat dari pringgitan sepanjang 20 meter dan tinggi 4 meter yang berkisah tentang tentara Belanda yang menyerbu Desa Tegalrejo yang damai sehingga menyebabkan perang Pangeran Diponegoro, selanjutnya dia ditipu dan ditangkap di Magelang ketika hendak menuju Semarang.

Monumen relief tersebut dipahat oleh seniman patung bernama Drs. Saptono bersama rekannya Sutopo, Sokodiharjo, dan Askabul dari Akademi Seni Rupa Indonesia. Di masing-masing sisi kanan dan kiri monumen terdapat lukisan Pangeran Diponegoro di sebelah barat, dan di sebelah timur terdapat lukisan Pangeran Diponegoro menunggang kuda hitam untuk berperang.

Barang-barang koleksi
Koleksi dalam museum secara garis besar terdiri dari senjata tradisional, peralatan rumah tangga, dan barang bernilai seni yang jika diakumuluasikan berjumlah seratus buah.Senjata tradisional yang digunakan pada saat perang adalah keris, tombak, pedang, panah, bandil atau martil besi, patrem yaitu sebuah senjata untuk kaum perempuan,dan candrasa atau tusuk sanggul. Sedangkan untuk alat rumah tangga semuanya terbuat dari kuningan yang dibuat sekitar tahun 1700-an yang terdiri dari tempat sirih beserta kecohan atau tempat meludah, canting untuk membuat motif batik, teko, dan kacip yaitu sebuah alat untuk membelah pinang. Lalu, untuk barang bernilai seni ada patung Ganesha kecil, tali kuda pemberian Hamengku Buwono Vlll, sepasang patung Loro Blonya dan lampu hias. Ada juga gamelan dan perunggu berwarna-warni.

Foto Museum Sasana Wiratama

Foto Museum Sasana Wiratama

Foto Museum Sasana Wiratama

Foto Museum Sasana Wiratama

Foto Museum Sasana Wiratama


Museum Sono Budoyo

Museum Sonobudoyo adalah museum sejarah dan kebudayaan Jawa, termasuk bangunan arsitektur klasik Jawa. Museum ini menyimpan koleksi mengenai budaya dan sejarah Jawa yang dianggap paling lengkap setelah Museum Nasional Republik Indonesia di Jakarta. Wikipedia
Alamat: Jalan Pangurakan No. 6, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Hari ini buka · 20.00–22.00
Provinsi: Daerah Istimewa Yogyakarta
Telepon: (0274) 385664
Kota: Jalan Pangurakan No. 6, Yogyakarta

Foto Museum Sonobudoyo

Foto Museum Sonobudoyo

Foto Museum Sonobudoyo

Foto Museum Sonobudoyo

Foto Museum Sonobudoyo

Foto Museum Sonobudoyo

BonBin dan kebun raya Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka adalah kebun binatang yang berada di Yogyakarta. Berisi berbagai macam spesies dari belahan dunia, seperti orangutan, gajah asia, simpanse, harimau, dan lain sebagainya. Wikipedia. Tags: harga tiket masuk gembira loka 2016, hewan yang ada di kebun binatang gembira loka, fasilitas gembira loka, sejarah gembira loka, video kebun binatang gembira loka, wahana gembira loka zoo, harga tiket gembira loka 2017, jam buka gembira loka.
Alamat: Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171
Jam buka: Hari ini buka · 07.30–17.00
Telepon: (0274) 373861
Luas: 20 hektare
Provinsi: Daerah Istimewa Yogyakarta

Foto Kebun Binatang Gembira Loka

Foto Kebun Binatang Gembira Loka

Foto Kebun Binatang Gembira Loka

Foto Kebun Binatang Gembira Loka

Museum Yogya Kembali

Museum Monumen Yogya Kembali, adalah sebuah museum sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia yang ada di kota Yogyakarta dan dikelola oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata. Museum yang berada di bagian utara kota ini banyak dikunjungi oleh para pelajar dalam acara darmawisata.


Rana di pintu masuk museum
Museum Monumen dengan bentuk kerucut ini terdiri dari 3 lantai dan dilengkapi dengan ruang perpustakaan serta ruang serbaguna. Pada rana pintu masuk dituliskan sejumlah 422 nama pahlawan yang gugur di daerah Wehrkreise III (RIS) antara tanggal 19 Desember 1948 sampai dengan 29 Juni 1949. Dalam 4 ruang museum di lantai 1 terdapat benda-benda koleksi: realia, replika, foto, dokumen, heraldika, berbagai jenis senjata, bentuk evokatif dapur umum dalam suasana perang kemerdekaan 1945-1949. Tandu dan dokar (kereta kuda) yang pernah dipergunakan oleh Panglima Besar Jenderal Soedirman juga disimpan di sini (di ruang museum nomor 2).

Sejarah
Relief dari tulisan tangan Bung Karno yang ada di dinding luar museum
Salah satu diorama (miniatur/replika) di dalam museum ini yang menggambarkan suasana Gedung Agung (istana Kepresidenan RI di Yogyakarta) pada saat itu (yang duduk dari kanan: M. Hatta, Soekarno, Jendral Soedirman, TB Simatupang, Soeharto).
Monumen Yogya Kembali dibangun pada tanggal 29 Juni 1985 dengan upacara tradisional penanaman kepala kerbau dan peletakan batu pertama oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan Sri Paduka Paku Alam VIII. Gagasan untuk mendirikan monumen ini dilontarkan oleh kolonel Soegiarto, selaku walikotamadya Yogyakarta pada tahun 1983. Nama Yogya Kembali dipilih dengan maksud sebagai tetenger (peringatan) dari peristiwa sejarah ditariknya tentara pendudukan Belanda dari ibukota RI Yogyakarta pada waktu itu, tanggal 29 Juni 1949. Hal ini merupakan tanda awal bebasnya bangsa Indonesia dari kekuasaan pemerintahan Belanda.

Pembangunan monumen ini dilakukan dengan memperhitungkan beberapa faktor penting. Titik pusat bangunan ini merupakan sebuah titik yang secara imajiner menghubungkan beberapa titik penting di Yogyakarta yaitu Kraton Jogja, Tugu Yogyakarta, Gunung Merapi, Parang Tritis dan juga Panggung Krapyak. Titik ini sendiri disebut sebagai Sumbu Besar Kehidupan dan penanda dari titik imajiner ini sendiri berada pada lantai 3 bangunan monumen ini.

Foto Museum Monumen Yogya Kembali

Foto Museum Monumen Yogya Kembali

Foto Museum Monumen Yogya Kembali

Foto Museum Monumen Yogya Kembali

Foto Museum Monumen Yogya Kembali

Foto Museum Monumen Yogya Kembali

Foto Museum Monumen Yogya Kembali

Foto Museum Monumen Yogya Kembali

Benteng Vanderbourgh

Museum Benteng Vredeburg adalah sebuah benteng yang terletak di depan Gedung Agung dan Kraton Kesultanan Yogyakarta. Sekarang, benteng ini menjadi sebuah museum. Di sejumlah bangunan di dalam benteng ini terdapat diorama mengenai sejarah Indonesia. Wikipedia
Alamat: Jl. Margo Mulyo / Jl. A. Yani No.6, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122 
Provinsi: Daerah Istimewa Yogyakarta
Telepon: (0274) 586934
Kota: Jalan Margo Mulyo
Awal konstruksi: 1767
Insinyur: Frans Haak

Foto Benteng Vanderbourgh

Foto Benteng Vanderbourgh

Foto Benteng Vanderbourgh

Foto Benteng Vanderbourgh

Foto Benteng Vanderbourgh

Foto Benteng Vanderbourgh


Kaliurang

Wisata Kaliurang Jogja. Kaliurang adalah kawasan wisata di utara Yogyakarta yang terletak di lereng Merapi. Sebuah kawasan di lereng Gunung Merapi yang berhawa sejuk. Kaliurang sendiri sudah menjadi obyek wisata ketika jaman Belanda. Kali ini saya akan posting beberapa destinasi yang disa anda kunjungi Kaliurang Yogyakarta. Jl Kaliurang adalah salah satu akses utama menuju ke Kalirang. Daerah di lereng merapi yang telah menjadi tempat peristirahatan dan wisata semenjak jaman Belanda.

Jangan lupa untuk mampir beli pisang merah yang dapat anda dapatkan di depan RS Grasia Pakem. Awas hati hati untuk anda yang pasang susuk kecantikan ya..beware..bisa lepas susuknya Merapi farm: Nikmati berbagai ramuan herbal alami dengan konsep cafe. Berbagai jamu untuk kesehatan dapat anda nikmati di sini.

Kenapa dinamakan Kaliurang? Kalirang berasal dari kata Kali=sungai dan Urang=udang. Nah patung udang ini menjadi icon kawasan ini Tanaman kecubung banyak dijumpai di kawasan Kaliurang. Kecubung sering disebut juga sebagai bunga terompet Gardu Pandang Kaliurang adalah salah satu tempat untuk mengamati keindahan Gunung Merapi dari dekat Terdapat area bermain dan berbegai kebutuhan lain semisal camping ground yang dapat anda manfaatkan. Lava Tour dengan jeep dapat mudah anda temui di kawasan Telaga Muncar. Bahkan anda bisa menyewa jeep untuk menuju kawasan Kalikuning yang menjadi kawasan erupsi Merapi 2010.

Alamat: Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582
Jam buka: Hari ini buka · 08.00–16.00
Provinsi: Daerah Istimewa Yogyakarta

Foto Wisata Kaliurang

Foto Wisata Kaliurang

Foto Wisata Kaliurang

Foto Wisata Kaliurang

Foto Wisata Kaliurang

Foto Wisata Kaliurang

Foto Wisata Kaliurang

Foto Wisata Kaliurang

Keraton Yogya

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau Keraton Yogyakarta (Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat) merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang kini berlokasi di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Walaupun kesultanan tersebut secara resmi telah menjadi bagian Republik Indonesia pada tahun 1950, kompleks bangunan keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan dan rumah tangga istananya yang masih menjalankan tradisi kesultanan hingga saat ini. Keraton ini kini juga merupakan salah satu objek wisata di Kota Yogyakarta. Sebagian kompleks keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan. Dari segi bangunannya, keraton ini merupakan salah satu contoh arsitektur istana Jawa yang terbaik, memiliki balairung-balairung mewah dan lapangan serta paviliun yang luas.

Sejarah
Sultan Hamengkubuwono VIII menerima kunjungan kehormatan Gubernur Jenderal Hindia Belanda Bijleveld di Keraton Yogyakarta, sekitar tahun 1937.
Keraton Yogyakarta mulai didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono I beberapa bulan pasca Perjanjian Giyanti pada tahun 1755. Lokasi keraton ini konon adalah bekas sebuah pesanggarahan yang bernama Garjitawati. Pesanggrahan ini digunakan untuk istirahat iring-iringan jenazah raja-raja Mataram (Kartasura dan Surakarta) yang akan dimakamkan di Imogiri. Versi lain menyebutkan lokasi keraton merupakan sebuah mata air, Umbul Pacethokan, yang ada di tengah hutan Beringan. Sebelum menempati Keraton Yogyakarta, Sultan Hamengku Buwono I berdiam di Pesanggrahan Ambar Ketawang yang sekarang termasuk wilayah Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman.

Secara fisik istana para Sultan Yogyakarta memiliki tujuh kompleks inti yaitu Siti Hinggil Ler (Balairung Utara), Kamandhungan Ler (Kamandhungan Utara), Sri Manganti, Kedhaton, Kamagangan, Kamandhungan Kidul (Kamandhungan Selatan), dan Siti Hinggil Kidul (Balairung Selatan). Selain itu Keraton Yogyakarta memiliki berbagai warisan budaya baik yang berbentuk upacara maupun benda-benda kuno dan bersejarah. Di sisi lain, Keraton Yogyakarta juga merupakan suatu lembaga adat lengkap dengan pemangku adatnya. Oleh karenanya tidaklah mengherankan jika nilai-nilai filosofi begitu pula mitologi menyelubungi Keraton Yogyakarta. Dan untuk itulah pada tahun 1995 Komplek Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dicalonkan untuk menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau Keraton Yogyakarta merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang kini berlokasi di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Wikipedia
Alamat: Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Telepon: (0622) 74373721
Provinsi: Daerah Istimewa Yogyakarta

Foto Keraton Yogya

Foto Keraton Yogya

Foto Keraton Yogya

Foto Keraton Yogya

Foto Keraton Yogya

Foto Keraton Yogya

Foto Keraton Yogya

Itulah sedikit informasi mengenai tempat wisata terkenal di Yogya yang bisa anda kunjungi sebagai tujuan wisata pada saat waktu libur. selamat berkunjung dan selamat berlibur.

Kumpulan Obyek Wisata Yogyakarta Murah Meriah Yang Terkenal di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonim

0 komentar:

Posting Komentar